*BAYI  ANENCEPHALY*

Informasi, Cerita dan Berita tentang masalah anencephaly pada bayi didalam negeri maupun diluar negeri

     Halaman Depan

              Fakta 

                Cerita

              Foto-foto

     ->Pencegahan

          Persiapan Diri

              Keluarga

             Bibliografi

           Kata Mutiara

                Links

              Network

    Download Ringkasan

           Terbaru Kini

 

Kirim Pesan atau Berbagi Cerita

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

      Hak Cipta Copyright 2009

Bayi-Anencephaly.info

 

Pencegahan anencephaly

 

oleh Monika Jaquier

 

    Jika semua wanita pada usia subur, mendapatkan tambahan vitamin asam folat sebanyak 0,4 mg setiap harinya sampai dengan kehamilannya pada trimester pertama, maka tingkat kejadian anencephaly dan spina bifida pada kasus yang rawan dapat ditekan hingga 50 70%.

- Apa artinya kecacatan bumbung saraf (neural tube defect NTD)?
- Apa artinya anencephaly?
- Apa artinya spina bifida?
- Mengapa kelainan NTD terjadi?
- Apa artinya asam folat (folic acid)?
- Apakah fungsi asam folat sebagai pencegah NTD?
- Kapan saatnya dan untuk berapa lama asam folat sebaiknya diminum?
- Dosis asam folat yang sebaiknya kita minum?
- Apakah pola makan yang seimbang dapat mencukupi kandungan asam folat?
- Makanan apa saja yang kandungan asam folatnya tinggi?
- Efek samping asam folat?
- Apa lagi yang Anda perlu ketahui tentang asam folat?
-
Referensi

 

 

Apa artinya kecacatan bumbung saraf (neural tube defect NTD)?

Kecacatan bumbung saraf atau NTD (neural tube defect) merupakan kelainan pembentukan bawaan yang terjadi antara 20 sampai 28 hari setelah pembuahan. Sel-sel pada neural plate (piringan saraf) ini membentuk sistim saraf pada janin. Biasanya jika perkembangannya normal, sel-sel tersebut saling melipat satu sama lain membentuk sebuah tabung.saraf yang nantinya akan menjadi tulang punggung dan urat saraf tulang belakang.  Setelah melewati beberapa perubahan bentuk pada ujung tabung terbentuklah otak. Pada kasus NTD yang terjadi adalah, tabung atau bumbung sarafnya ini gagal menutup dengan sempurna, sehingga bagian otak yang sedang berkembang dan/atau urat saraf tulang belakang dalam keadaan terbuka dan tidak terlindung (tergantung letak tempat tabungnya gagal menutup). Akibatnya kecacatan bumbung saraf yang paling sering terjadi adalah anencephaly dan spina bifida.

 

Apa artinya anencephaly?

Anencephaly terjadi kalau ujung pada tabung saraf gagal menutup. Bayi yang lahir dengan kecacatan ini tidak memiliki tempurung kepala (scalp atau cerebellum). Meninx, kedua-dua ruang otak (hemisphere of brain) dan tempurung kepala (vault of the cranium/skull) tidak tampak. Meskipun demikian, bayi-bayi ini tetap memiliki bagian batang otak. Sisa-sisa jaringan otak hanya terlindung oleh sebuah selaput yang tipis. Kemungkinannya bayi anencephaly mengalami kebutaan dan tidak memiliki atau hanya memiliki beberapa gerakan reflek. Dari bayi yang hidup selama dalam kandungan sampai saatnya lahir sebanyak 25 % meninggal pada saat dilahirkan, 50% hidup antara beberapa menit sampai dengan 1 hari, 25 % hidup antara 1 hari sampai dengan 10 hari (Jaquier 2006).

 

Apa artinya Spina Bifida?

Kalau tabung sarafnya gagal menutup pada bagian pinggir (caudal extremity), maka kecacatan yang terjadi disebut Spina Bifida yang mengakibatkan urat saraf belakang dan tulang belakang tidak dapat terbentuk sebagaimana mestinya. Tulang belakang bayi berada dalam keadaan terbuka dan kemungkinan sebuah kantong penuh cairan yang isinya bagian-bagian urat saraf tulang punggung bergelantung keluar. Seriusnya kecacatan permanen tergantung pada letak tempatnya dimana persisnya tabung gagal menutup. Kalau letaknya di bagian atas punggung kemungkinan besar bagian bawah tubuh akan mengalami kelumpuhan. Kalau tabung saraf gagal menutup pada bagian bawah, risiko biasanya lebih ringan, ada kemungkinannya ada kendala pada kantung kemih dan usus tidak berfungsi. Ada kemungkinan Spina Bifida terjadi bersamaan dengan hydrocephalus. Bayi yang lahir dengan kecacatan Spina Bifida biasanya langsung dioperasi untuk mencegah kecacatan yang lebih parah pada sistim saraf.

 

Mengapa kelainan NTD terjadi ?

Belum diketahui apa yang menyebabkan kelainan NTD terjadi. Ada kemungkinan diakibatkan oleh kombinasi pengaruh lingkungan dan faktor genetis (Sadler 2005). Setiap wanita pada usia subur berpotensi untuk mengalami kehamilan dengan seorang bayi dengan kelainan NTD. Di Eropa tingkat rata-rata kejadian NTD adalah satu anak setiap 1000 kelahiran. (Di Indonesia dikatakan tingkat rata-ratanya tiga kalinya di negara maju. Kompas 2008). Tidak ada cara untuk memperkirakan sebelumnya wanita mana yang akan mengalami mengandung seorang bayi dengan kelainan NTD.  95% wanita yang mengalami mengandung bayi dengan kelainan NTD tidak memiliki sejarah NTD dalam keluarga mereka.

 

Apa artinya asam folat (Folic Acid)?

Asam folat (folic acid) merupakan sebuah vitamin (zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, akan tetapi pada makanan sehari-hari sangat kecil kandungannya). Vitamin ini tergolong kelompok Vitamin B complex. Perannya penting pada pembagian sel. Disebut juga folat atau folacin. Asam folat larut dalam air dan hancur pada suhu panas.

 

Apakah peran asam folat sebagai pencegah NTD?

Asam folat merupakan sebuah coenzyme yang sangat berperan pada banyak metabolisme. Pada perkembangan  janin dalam kandungan , asam folat dibutuhkan pada pertumbuhan sel-sel, jaringan dan organ tubuh. Pada proses tersebut tingkat asam folat yang dibutuhkan meningkat. Penelitian yang dilakukan ilmuwan sejak tahun 1976 menemukan bahwa tes darah pada wanita yang melahirkan bayi dengan NTD, menunjukkan tingkat asam folat dan vitamin yang rendah. Pada tahun 1980, Professor Smithhells dari Leeds (UK) menemukan bahwa tingkat kehamilan dengan kelainan NTD dapat ditekan secara signifikan, kalau wanita mengonsumsi tambahan vitamin asam folat 0,4 mg setiap harinya, sebelum dan pada tahap awal kehamilan. Penemuan ini dibenarkan oleh banyak penelitian medis lainnya yang melibatkan jumlah wanita yang banyak (diatas 250'000 orang). Bukti yang lebih nyata tentang pengaruh konsumsi asam folat, bahkan pada wanita yang tidak memiliki sejarah NTD, telah ditampilkan oleh penelitian di negara Hungaria, dimana pada 2014 wanita yang telah mengkonsumsi tambahan vitamin asam folat tidak ada yang mengalami kelainan NTD, sementara dari 2052 wanita yang tidak mengkonsumsi tambahan vitamin asam folat, sebanyak 6 orang mendapatkan bayi dengan kelainan NTD (Czeizel dan Dudas, 1992). Penelitian masa kini tentang NTD pathogenesis memberi kesan bahwa kesalahan dapat dihubungkan pada proses aktivitas methioninesynthase sebagai salah satu faktor penyebab. Enzyme ini mengubah homocysteine menjadi methionine. Untuk proses ini dibutuhkan salah satu kelompok methyl yang dapat diperoleh dari hasil konsumsi asam folat. Jika transformasi ini gagal, mau itu karena kelainan enzyme atau kekurangan asam folat, tingkat homocysteine akan meningkat. Hal ini dapat menyebabkan gagalnya menutupnya tabung saraf. Dengan menambah kadar asam folat digabung dengan Vitamin B12, kelainan ini dapat diperbaiki karena hubungannya dengan enzyme. Penelitian lain juga menunjukkan pengaruhnya konsumsi asam folat dalam hal mengurangi kelainan-kelainan lainnya seperti kelainan jantung, bibir sumbing, langit-langit mulut terbelah dan kelainan kantung kemih. (Czeizel 1993, Antony 2000).

 

Kapan saatnya dan untuk berapa lamakah asam folat sebaiknya diminum?

Asam folat sebaiknya diminum paling lambat 4 minggu sebelum merencanakan kehamilan.

NTD merupakan kecacatan lahir yang terjadi antara 20 sampai 28 hari setelah pembuahan, dengan kata lain, pada saat wanita belum mengetahui dirinya telah hamil. Sekitar separuh kehamilan tidak direncanakan sebelumnya, sehingga penting bagi semua wanita berusia subur untuk selalu mengkonsumsi tambahan vitamin asam folat sebanyak 0,4 mg setiap harinya. Kalau ibu terlanjur hamil, sebaiknya juga segera mengkonsumsi asam folat karena masih ada kemungkinan untuk membantu pembentukan pada janin.

Kebutuhan asam folat juga meningkat pada wanita hamil dan wanita menyusu, sehingga ada baiknya asam folat tetap diminum walaupun proses penutupan bumbung saraf telah selesai.

 

Dosis asam folat yang sebaiknya kita minum?

0,4 mg tambahan pil vitamin asam folat setiap hari, sebagai tambahan asam folat yang terkandung pada makanan sehari-hari. Multivitamin yang kandungan asam folatnya kurang dari 0,4 mg, mohon jangan ditingkatkan konsumsinya, sebab vitamin lainnya kalau melebihi kebutuhan, dapat membahayakan. Sebuah penelitian oleh Prof. Andrew E. Czeizel  pada tahun 2004 menunjukkan, bahwa konsumsi Multivitamin yang kadar  asam folatnya antara 0,4 mg sampai 0,8 mg lebih efektif dalam menurunkan tingkat NTD dan kelainan bawaan lainnya, daripada mengkonsumsi asam folat saja dalam dosis yang tinggi.                                                                                                            

 

Apakah pola makanan yang seimbang dapat mencukupi kadar asam folat yang dibutuhkan?

Sayangnya tidak. Hampir tidak memungkinkan untuk menutupi kebutuhan asam folat dengan pola makanan seimbang saja, biarpun makanannya tergolong bergizi dan mengandong kadar asam folat yang tinggi. Oleh karena itu, idealnya tetap makan makanan yang bergizi dengan kadar asam folat yang tinggi ditambah vitamin asam folat dalam bentuk pil sebesar 0,4 mg setiap harinya. Pada negara-negara tertentu, pemerintah menambahkan zat asam folat pada bahan pokok seperti terigu dan roti.

 

Makanan apa saja yang kadar asam folatnya tinggi?

Sayuran: bit, asparagus, kobis brussel, bayam, alpukat, kacang merah, miju-miju, daun selada

Buah: melon, stroberi, kiwi

 

Efek samping asam folat

Misalkan mengkonsumsi asam folat sebanyak 10 mg setiap harinya (ini merupakan 25 kali lipat semestinya) tidak ada efek samping. Akan tetapi pada kasus tertentu (jarang sekali) dapat menimbulkan reaksi alergi (gatal-gatal, bronchospasm), bahkan kalau konsumsinya sedikit. Kalau mengkonsumsi sebanyak 15mgs asam folat setiap harinya, maka dapat menimbulkan insomnia (susah tidur), gelisah, hyperactive, mual dan kembung. Juga dapat mempengaruhi indera rasa dan dapat mengakibatkan reaksi alergi seperti gatal-gatal, pruritus dan mirip luka baker. Konsumsi 1 mg asam folat setiap harinya dapat mengakibatkan anaemia yang merugikan (keadaan yang biasanya dapat terjadi pada usia 40 sampai 50 tahun).

 

Apa lagi yang perlu Anda ketahui tentang asam folat?

Asam folat dapat mengurangi pemberdayaan obat-obatan tertentu seperti yang dipergunakan pada pengobatan epilepsy (sakit ayan).

Sebaliknya ada obat-obat tertentu yang dapat menurunkan kadar asam folat, sehingga meningkatkan risiko pada janin.

Contohnya:

        obat KB (pil KB)

        beberapa obat anti epilepsy (valproic acid, carbamazepine)

        beberapa obat antibiotics (trimethroprim=bactrim, pyrimethamine)

        beberapa antimetabolics (methotrexate, aminopterine)

        minuman beralkohol

 

 

Referensi:

Antony AC, Hansen DK. 2000. Folate responsive neural tube defects and neurocristopathies. Teratolgoy 62:42-50

Czeizel AE, 1993. Prevention of congenital abnormalities by periconceptional multivitamin supplementation. BMJ 1993;306:1645-1648

Czeizel AE, Dudas I. 1992. Prevention of first occurence of neural tube defects by periconceptional vitamin supplementation. N Engl J Med 327:1832-1835.

Jaquier M, Klein A, Boltshauser E., 2006. Spontaneous pregnancy outcome after prenatal diagnosis of anencephaly, BJOG 2006; 113:951-953

Sadler, T.W., 2005.Embryology of Neural Tube Development.American Journal of Medical Genetics Part C 135C:2-8

Smithells RW, Sheppard S, Schorah CJ. 1976. Vitamin deficiencies and neural tube defects. Arch Dis Child 1976;51:944-950

Smithells RW, Nevin NC, Seller MJ, et al 1983. Further experience of vitamin supplementation for prevention of neural tube defects recurrences. Lancet 1983;1:1027-1031

 

Last updated 11 October 2007

 Permitted translation of www.anencephalie-info.org

<< Kembali    

Halaman Depan

 Berita

Informasi

Kirim Pesan atau Cerita Anda